Minggu, 07 April 2013

Tarbiyah Orang Tua terhadap Anak

Part 1
Saat membina sebuah keluarga, salah satu point penting yang harus dicermati adalah masalah pendidikan anak. Pendidikan terhadap anak sebaiknya diberikan sedini mungkin. Kali ini pembahasan mengenai pendidikan anak menurut islam.

1. Pendidikan Pra lahir (Al-Tarbiyyat Qabla Al-Wiladat)
Alquran menyebutkan, anak sebelum lahir telah melewati perjanjian dengan Allah, yaitu mitsaaq al fithri,

  • "Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dan sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku Ini tuhanmu?" mereka menjawab, "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kami tidak mengatakan, "Sesungguhnya kami (Bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap Ini (Keesesaan Tuhan)."
      Al Quran telah menunjukkan apa yang semestinya dilakukan sebelum anak itu lahir :
  1. Berdoa meminta pasangan dan keturunan yang menyenangkan mata dan imam bagi orang yang bertaqwa. Ini salah satu ciri dari sifat "ibadurrahmaan". Terdapat dalam Q.S Al Furqan :73.
  2. Berdoa sebelum janin tumbuh dalam rahim, minta anak yang shalih, seperti dilakukan oleh Nabi Ibrahim, "Ya Rabbku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang shalih.". Dan dijelaskan pula dalam Q.S Maryam 4-6, "maka anugrahilah aku dari engkau seorang putera, yang akan mewarisi aku dan mewarisi sebagian keluarga Ya'qub, dan jadikanlah ia, ya rabbku, seorang yang diridhoi.".
  3. Setelah janin tumbuh dalam rahim, berdoa memohon diberi keturunan yang shalih. "... Sesungguhnya jika Engkau memberi kami anak yang Saleh, tentulah kami termasuk orang-orang yang bersyukur." (Q.S Al A'raf: 189).
  4. Setelah anak lahir, berdoa dengan berlindung kepada Allah dari godaan syetan. Menyerahkan perlindungan anak dari syetan kedapa Allah, seperti yang dilakukan Hannah bagi Maryam. ".....Ya Rabbku, sesungguhnya ak melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam, dan aku memohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada syaitan yang terkutuk.".
2. Pendidikan Pasca Lahir (Al-Tarbiyyat Ba'da Al-Wiladat)
  1. Anak Hiasan kehidupan dunia. "Harta dan anak-anak adalah perhiasan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan." (Q.S Al Kahfi: 46).
  2. Kelahiran anak merupakan kegembiraan. Nabi Ibrahim as bergembira dapat keturunan, "Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh. Maka Kami beri dia kabar gembira dengan seorang anak yang amat sabar." (Q.S As-Shafaat: 100-101)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar